Perbandingan Panel Layar TN, IPS Dan VA Pada Monitor

Perbandingan Panel Layar TN, IPS Dan VA Pada Monitor

Ketika kamu ingin membeli monitor komputer, hal yang harus diperhatikan selain budget adalah jenis panel layar yang digunakan. Panel layar sendiri dibagi dalam beberapa jenis panel yaitu TN, IPS, dan VA yang masing panel memiliki perbedaan karakteristik dan kinerjanya.

Pada artikel ini mimin akan membagikan info tentang perbandingan dari setiap panel layar, supaya kamu bisa mendapatkan gambaran lebih rinci tentang panel layar agar tidak salah pilih dalam membeli. Karena pemilihan panel layar sangat penting untuk menambah produktivitas dalam penggunaannya  baik digunakan untuk gaming, konten kreator dan masih banyak lagi.

{getToc} $title={Table of Contents}

Jenis Panel Layar Pada Monitor

1. Panel TN

TN singkatan dari Twisted Nematic merupakan tipe panel yang bisa dibilang cukup tua tetapi teknologi ini masih banyak dipakai untuk monitor dikelas terendah dan menengah dengan harga yang cukup terjangkau. Disebut tua lantaran teknologi ini  sudah digunakan sejak jenis monitor layar datar diproduksi secara massal. Namun, panel TN memiliki jangkauan sudut pandang yang terbatas, karena warna yang dihasilkan tidak cukup kuat dan tidak mampu menampilkan warna sampai 24 bit. Oleh karena itu, panel layar TN hanya mengandalkan interpolasi agar dapat menampilkan layar dengan benar.

$ads={1}

Sehingga bagi kamu yang bekerja  seperti konten kreator atau fotografer dengan memilih panel TN dinilai kurang cocok untuk digunakan, karena pita warna dan rasio kontras yang dihasilkan lebih rendah dan kurang maksimal. 

Disamping itu, panel TN  tetap cocok untuk para gamer yang memainkan game yang kompetitif seperti shooting, karena panel ini memiliki lag input dan latensi yang rendah yaitu sekitar 1ms atau milidetik. Selain itu, panel TN mampu menghasilkan Refresh rate hingga 240Hz. Hal ini menjadikan panel TN menjadi panel yang tercepat dan tingkat akurasi yang tepat. Panel TN juga cocok untuk kamu yang penggunaanya standar-standar saja seperti pengetikan, programming, menonton film dan sebagainya.

2. Panel IPS

Jenis panel berikutnya yaitu Panel IPS atau In-Plane Switching yang merupakan hasil dari peningkatan teknologi panel TN, yang mampu menghasilkan warna dan sudut pandang dengan lebih baik. Artinya ketika jika dilihat dari sudut pandang tertentu layar masih akan tetap menghasilkan warna yang cukup akurat. Jadi sangat cocok untuk kamu yang bekerja sebagai konten kreator, dan edit foto atau video yang memang membutuhkan tingkat akurasi warna yang baik.

Sementara itu refresh rate yang didapatkan biasanya tdak lebih dari 150 Hz atau 160Hz, dengan time respons sekitar 4ms atau milidetik. Namun, ada beberapa produsen tertentu yang membuat lebih dari yang dipikiran. Karena misalnya saja monitor dari merk terkenal mampu membuat monitor yang mendukung refresh rate 280 Hz dengan time respons 1ms atau milidetik. Tetapi, biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pada panel TN dan panel IPS sering digunakan pada monitor dari kelas menengah hingga kelas keatas.

3. Panel VA

Terakhir yaitu dari Panel VA atau Vertical Alignment yang merupakan penggabungan teknologi panel antara TN dan IPS. Pasalnya memiliki rasio kontras terbaik mirip seperti pada panel IPS tetapi mempunyai peningkatan yaitu dengan rata 3000:1 rasio kontras. Dalam hal melihat dari berbagai sudut pandang dinilai cukup baik, namun tidak cukup pas dengan kinerja dari panel IPS. Selain itu, panel VA memiliki time response yang agak sedikit lebih lambat dari panel TN dan IPS dengan versi yang lebih baru tetapi mampu mendukung refresh rate yang tertinggi yaitu sekitar 240 Hz. Sehingga bagi gamer yang mengandalkan kecepatan panel  VA kurang cocok dipilih karena mempunyai latensi tinggi yang mengakibatkan lebih banyak ghosting dan motion blur.

Kabar baiknya untuk kamu pengguna dan bekerja dibidang konten kreator bisa menjadi pilihan yang pas. Karena panel VA menawarkan warna yang dihasilkan jauh lebih baik dan biasanya mempunyai spektrum sRGB penuh. Sehingga, selain bisa digunakan untuk konten kreator panel VA juga bisa digunakan untuk menonton film dan bermain game yang kaya dalam membutuhkan warna.

Cara Memilih Panel Layar Yang Tepat 

Dari berbagai jenis panel layar yang sudah disebutkan tadi, disini kamu sudah memiliki perbandingan dari monitor yang akan dibeli. Supaya lebih mendapat perbandingan lagi pada bagian ini mimin sudah merangkum juga dari penggunaan panel layar agar dapat memilih monitor yang tepat untuk kamu. Berikut adalah penggunaan panel layar agar penggunaannya lebih tepat.

1. Penggunaan Pekerjaan Office, Tugas, dan Standar

Jika penggunan hanya membuka office, tugas, dan penggunan standar lainnya, monitor jenis panel VA dan TN bisa jadi pilihannya. Tetapi, kalau harus memilih diantara keduanya bisa mengambil panel layar TN. Karena selain tidak memerlukan refresh rate yang tinggi dan latensi yang rendah, TN dapat menghemat pengeluaranmu karena memiliki harga yang terjangkau.

$ads={2}

2. Penggunaan Konten Kreator

Editing foto dan video memang harus membutuhkan tingkat akurasi warna yang baik. Oleh karena itu, panel IPS dan VA bisa dipilih karena keunggulannya yang menghasilkan banyak warna. Namun jika sering menggunakan untuk tampilan yang cepat panel IPS bisa menjadi solusinya.

3. Penggunaan Game Kompetitif

Walaupun memiliki harga yang terjangkau panel TN masih sangat banyak dipilih dari kalangan gamer kompetitif yang mengandalkan kecepatan time response dan refresh rate yang tinggi. Pada panel IPS juga bisa menjadi pilihan tetapi harus membayar lebih untuk bisa mendapatkan tingkat kecepatan yang sama seperti pada panel TN.

4. Penggunaan Apa Saja

Kalau mau penggunaan apa saja seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, panel VA menjadi pilihan utama. Tetapi jika ingin mendapatkan yang lebih baik seperti lantensi yang rendah dan warna yang cukup panel IPS bisa juga menjadi pilihan namun harus mengorbankan rasio kontras yang kurang dari panel VA.

Penutup

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah memilih monitor karena sudah dapat perbandingan beberapa panel layar. Selain itu, dari segi harga juga harus diperhatikan karena semakin baik teknologi pada layar maka harganya pun akan mahal. Oleh karena itu, jika kamu mempunyai uang lebih dan ingin penggunannya lebih kamu bisa menggunakan monitor dengan jenis IPS dan VA. Namun, jika ingin menghemat dan mencari harga yang terjangkau bisa memilih panel TN. Sekian semoga bisa bermanfaat terkhususnya bagi kamu yang bingung dalam memilih monitor dari berbagai jenis panel layar yaitu TN, IPS, dan VA.

Previous Post Next Post

Contact Form

close