Kumpulan Source Code Hello World dari Berbagai Bahasa Pemrograman

Kumpulan Source Code Hello World Dari Berbagai Bahasa Pemrograman Terpopuler

Hal yang pertama kali atau hal dasar yang dilakukkan ketika mau belajar bahasa pemrograman atau yang baru mau bahasa pemrograman adalah membuat program yang sederhana. Yang dimaksud sederhana ini adalah mampu menjalankan program dengan baik, programnya yaitu bisa mencetak atau menampilkan teks pada layar.

Biasanya teks yang paling sering digunakan yaitu "Hello World", ini merupakan hal umum ketika memulai belajar bahasa pemrograman. Bahkan para programmer yang sudah senior saja ketika ia belajar bahasa pemrograman baru setidaknya sudah pernah membuat program yang mencetak teks Hello World. Dalam penamaan teks Hello World sendiri untuk menyapa dunia pemrograman baru dan sebagai awal perjalanan belajar.

$ads={1}

Sebelum membuat teks "Hello World", kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahasa pemrograman yang ingin digunakan karena sampai saat ini ada ratusan bahasa yang berbeda. Tetapi tenang saja kamu tidak perlu memilih satu persatu bahasa pemrograman yang digunakan. Karena pada artikel ini mimin sudah merangkum bahasa pemrograman yang terpopuler dan sering digunakan. Jadi, disini kamu bisa lebih mudah memilih bahasa pemrograman dari source code "Hello World" yang ada.

{getToc} $title={Table of Contents}

1. C

C merupakan bahasa pemrograman yang bisa dibilang bahasa tertua kerena dibuat pada tahun 1972 namun masih tetap populer yang digunakan pada saat ini. Sintaksnya juga telah banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain.

2. Java

Java bisa dibilang bahasa yang dirancang secara istimewa, karena cukup sekali saja menuliskan kodenya java sudah bisa berjalan di sistem operasi apa pun. Selain itu, Java juga bahasa pemrograman yang paling populer didunia saat ini.

3. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang serba guna dan mudah digunakan untuk pemula, walaupun mudah tetapi tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena bisa digunakan berbagai pengembangan pemrograman seperti untuk kecerdasan buatan sampai untuk pengembangan web.

4. C++

C++ adalah bahasa yang hampir mirip dengan bahasa C, kerena bahasa ini memang pada dasarnya perkembangan dari C dan terdapat perbedaan pemrograman didalamnya. Dengan membuat bahasa yang lebih mudah untuk dimengerti dan perkembangan stuktur pemrograman berorientasi objek.

5. C#

C# atau C Sharp merupakan bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft yang berjalan di .NET Framework. Biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, desktop, smartphone, game, dan lain-lain.

6. Visual Basic

Visual Basic atau biasanya disingkat VB merupakan bahasa yang dikembangkan juga oleh pihak yang sama dengan C# yaitu Microsoft yang berjalan pada .Net Framework. Dibutuhkan sistem operasi Windows untuk bisa dengan mudah untuk menulis kodenya.

7. Javascript

Javascript bahasa pemrograman yang mayoritas digunakan untuk membuat web biasanya diberangi dengan HTML dan CSS. Tidak hanya itu saja Javascript bisa digunakan untuk server-side Node.js yang menjadikan Javascript menjadikan bahasa pemrograman paling diminati.

8. PHP

Bahasa pemrograman PHP berasal dari singkatan Akronim yaitu PHP:Hypertext Preprocessor. PHP sendiri salah bahasa yang paling populer saat ini dalam bagian pengembangan web, sudah banyak perusahan-perusahan besar yang menggunakan bahasa ini yang memanfaatkan bahasa pemrograman PHP.

9. Swift

Swift merupakan bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan perkembangan performa dari bahasa sebelumnya yaitu Objective-C yang dikembangkan oleh Apple untuk membuat aplikasi iOS, Mac, Apple Watch, dan Apple TV. Pembuatan kode Hello World yang sederhana mirip seperti bahasa Python dan Ruby.

$ads={2}

10. Ruby

Ruby merupakan bahasa berdasarkan pengalaman pengembangan dari bahasa pemrograman Smalltalk dan Lisp. Dengan tujuan agar menjadi mudah dibaca dan dipelajari, Ruby biasanya digunakan untuk pengembangan Web.

11. Go

Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Google dan untuk penggunaannya juga di Google. Dibuatnya bahasa ini untuk produktivitas kinerja dan dengan latensi yang rendah.

12. Kotlin

Kotlin menjadi bahasa pemrograman berorintasi objek yang fungsional dengan memungkinkan untuk proses kompile menggunakan Java Virtual Machine. Kotlin biasanya digunakan untuk membuat aplikasi untuk sistem operasi android.

13. MATLAB

Matrix Laboratory atau lebih dikenal dengan MATLAB merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan komputasi numerik, data, dan algoritma.


Kesimpulan

Seperti itulah kumpulan source code "Hello World" dari berbagai bahasa pemrograman mungkin masih banyak bahasa yang tidak disebutkan, tetapi mimin memilih bahasa tersebut karena berdasarkan yang paling sering digunakan secara global maupun di Indonesia. 

Jadi, dari 'Hello World' ini kamu bisa melihat stuktur kode yang digunakan sehingga kamu bisa belajar Bahasa Pemrograman dengan lebih mudah. Kalau bingung memilihnya kamu perlu melihat kembali untuk digunakan apa bahasa tersebut, karena setiap Bahasa Pemrograman berbeda fungsi dan kegunaanya.

Previous Post Next Post

Contact Form

close