6 Tips Meningkatkan Kemampuan Pemrograman

6 Tips Meningkatkan Kemampuan Pemrograman

Kemampuan pemrograman harus wajib dimiliki oleh setiap programmer entah itu dari yang pemula sampai profesional. Karena akan memberikan manfaat ketika memasuki duina pekerjaan IT yang memang memerlukan pengalaman pemrograman atau ingin menjadi programmer profesional.

Namun, jika tidak mempunyai kemampuan pemrograman maka akan mengalami ketertinggalan pembelajaran seperti perkembangan teknologi, informasi, pemrograman dan sebagainya. Seorang programmer yang sudah mempunyai kemampuan memumpuni saja masih tetap melakukan proses belajar agar tetap mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Karena perkembangan pemrograman bisa dibilang cukup cepat dalam waktu rentang 6 bulan sudah terdapat pembaruan. 

{getToc} $title={Table of Contents}

Oleh karena itu penting untuk meningkatkan kemampuan pemrograman, pada artikel ini mimin akan membahasnya yang bisa menjadi motivasi dalam belajar pemrograman. Berikut 6 Tips meningkatkan kemampuan pemrograman.

1. Membaca Dokumentasi atau Panduan

Membaca adalah  jendela dunia, seperti itulah yang dikatakan dari pepatah. Salah satu tips meningkatkan kemampuan pemrograman yaitu dengan membaca dokumentasi atau panduan kode agar bisa memahami bentuk dan struktur dari pemrograman yang dipelajari. Setiap pemrograman mempunyai dokumentasi atau panduan untuk memudahkan penggunaan yang menggunakannya. Tanpa membaca dokumentasi atau panduan akan menjadi sulit untuk meningkatkan kemampuan pemrograman karena seperti belajar tanpa arah.

$ads={1}

Bahkan, para programmer yang sudah profesional pun ketika pertama kali meningkatkan kemampuan pemrograman juga pasti membaca dokumentasi. Membaca dokumentasi bisa melalui buku, website, Youtube atau tempat yang menyediakan untuk membaca dokumentasi dan struktur pemrograman.

2. Perbanyak Latihan

Berikutnya adalah perbanyak latihan, karena jika hanya sekedar membaca saja masih belum cukup. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan pemrograman, membaca dokumentasi harus diiringi langsung dengan latihan. Latihannya pun harus berkali-kali dan sesering mungkin agar bisa memahami stuktur pemrograman secara lebih mendalam. Karena latihan tidak bisa dilakukan sekali ketika membaca dokumentasi lalu setelah selesai tidak akan dipelajari lagi. 

Dalam melakukan latihan bisa mengikuti terlebih dahulu yang sudah ada dengan meniru konsepnya, lalu jika sudah mulai paham dan mengerti baru bisa memodifikasinya atau bisa kita kenal yaitu ATM yang merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi.

3. Membuat Project Open Source

Setelah cukup melakukan banyak latihan, cara selanjutnya yaitu membuat project dan membangun program dengan versi kamu sendiri. Pembuatan project bisa berupa program web, desktop, smartphone, atau robot tergantung dari pemrograman yang dipelajari untuk meningkatkan kemampuan pemrograman. Setelah menyelesaikan project bagikan secara gratis atau open source hasilnya kepada orang lain. 

Jangan khawatir dengan project yang kamu bagikan, karena bisa menjadi motivasi kedepannya untuk membuat project lebih baik lagi. Kamu bisa membagikannya melalui tempat yang memang digunakan untuk berbagi project secara open source seperti Github. Selain itu, Hasil project yang telah dibuat bisa digunakan sebagai portofolio ketika membuat project dari klien atau yang menyewa jasa kamu.

4. Mengikuti Bootcamp atau Kursus

Selanjutnya, apabila ingin meningkatkan kemampuan pemrograman secara rutin bisa mengikuti Bootcamp atau Kursus yang memang dirancang memberikan pembelajaran secara terstruktur. Karena pembelajaran mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, sehingga belajar menjadi efektif dan cepat.

Bootcamp atau Kursus memiliki jangka waktu tertentu untuk menyelesaikannya, biasanya memiliki rentang waktu sekitar 1-3 bulan dengan harus mempunyai hasil project ketika sudah menyelesaikannya. Namun, untuk mengikuti Bootcamp atau Kursus kamu harus mengeluarkan biaya tertentu untuk mendaftarnya. Tetapi ada juga yang menyediakan secara gratis dengan persyaratan tertentu. Tempat yang menyediakan bootcamp atau kursus yaitu seperti Hactiv8, Arkademy, Rumah Coding, dan lain-lain.

5. Bergabung Dengan Komunitas

Agar dapat terus meningkatkan kemampuan pemrograman, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang berfokus kepada pemrograman. Selain itu, manfaat bergabung dengan komunitas yaitu bisa menciptakan hubungan yang mungkin dapat menemukan dan berbagai ide. Didalam komunitas, kamu dapat mengajukan pertanyaan dan kemudian akan dijawab dari para anggota yang lebih ahli dibidangnya sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang sesuai dengan pertanyaan kamu. Salah satu tempat komunitas paling populer adalah Stack Overflow, PHP Indonesia for Student, Kotlin Indonesia dan masih banyak lagi.

$ads={2}

6. Mengikuti Kontes Kompetisi

Tips terakhir untuk meningkatkan kemampuan pemrograman adalah mengikuti kontes kompetisi. Dalam mengikuti kontes kompetisi tidak hanya sekedar menang atau kalah yang didapat. Tetapi melainkan dapat meningkatkan keterampilan problem solving (pemecahan masalah) dari studi kasus yang diuji sehingga pemikirian analisis menjadi meningkat dalam waktu yang singkat. Sehingga tujuan untuk belajar menjadi jelas dan sudah tahu apa yang dipelajari. Selain itu, dapat meningkatkan kerja sama tim karena biasanya kontes kompetisi harus berkolaborasi antar anggota tim serta banyak manfaat lainnya dari mengikuti kontes kompetisi. Contoh kontes kompetisi yang diselenggarakan setiap tahunnya di Indonesia adalah Hackathon, Gemastik, Shopee Code League, KodeKiddo, dan masih banyak lagi.

Penutup

Seperti itulah ke-6 tips untuk meningkatkan kemampuan pemrograman berdasarkan dari pengalaman mimin yang bisa menjadi rujukan kepada pembaca. Kemampuan pemrograman tidak bisa dikuasai dalam waktu cepat, jadi perbanyak latihan dan konsisten serta jangan menyerah untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Tidak lupa untuk menjaga kesehatan karena terlalu sering duduk di depan layar dalam waktu yang cukup lama dan hal yang terlalu berlebihan terkadang membuat kemampun menjadi menurun.

Previous Post Next Post

Contact Form

close