Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress merupakan situs paling populer untuk membangun sebuah website, karena rata-rata penggunaan website di internet menggunakan layanan WordPress yaitu sekitar 43%. Jika menyampingkan popularitas, mungkin terdapat satu pertanyaan yang muncul terlebih lagi oleh pengguna baru mengenai apa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org? atau hanya sekedar perbedaan domain saja?

Karena, jika menulis kata “WordPress” di pencarian Google maka kedua jenis website WordPress akan muncul dan menempati entah itu di peringkat 1  atau 2 secara bersamaan. Lalu jika kamu baru mengenal WordPress, mungkin tidak tahu mana yang harus digunakan sama seperti mimin yang juga pernah tidak bisa membedakan jenis WordPress tersebut. 

Oleh karena itu, mimin akan membantu pada artikel ini dengan menjelaskan perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

{getToc} $title={Table of Contents}

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan utama antara WordPress.com dan WordPress.org adalah siapa yang menghosting Website.

Dengan WordPress.org, kamu diharuskan untuk menghosting atau menyimpan website secara mandiri dengan membeli atau berlangganan layanan hosting dan kemudian menginstal WordPress tersebut di hosting yang sudah dibeli. Sehingga jika membuat website dari WordPress.org maka kamu mempunyai kendali penuh atas penggunannya.

$ads={1}

Sedangkan dengan WordPress.com, WordPress.com yang menangani semua seperti layanan hostingnya. Sehingga bisa lebih mudah untuk pengguna pemula tetapi lebih sedikit sebebas dengan WordPress.org. Untuk penggunannya hanya cukup mendaftar akunnya dan kamu dapat mulai untuk membangun dengan mudah secara gratis.

Biaya Penggunaan antara WordPress.com vs WordPress.org

WordPress.com memang memungkinkan kamu untuk membuat website secara gratis gratis, tetapi terdapat beberapa kelemahan pada penggunaan versi yang gratisnya di WordPress.com seperti :

  1. Domain yang didapatkan menggunakan subdomain WordPress.com
  2. Terdapat Iklan dari WordPress.com dan tidak bisa dihapus
  3. Mendapatkan penyimpanan sebesar 3GB
  4. Tidak dapat memonetisasi Website dari WordPress.com
  5. Tidak dapat memasang plugin atau tema 

Jika ingin digunakan untuk tujuan komersial, setidaknya harus membayar $8/ bulan untuk paket WordPress.com dan mendapat gratis kustom domain selama 1 tahun dengan total harus mengeluarkan uang sebesar $96 pertahun untuk membangun website di WordPress.com. Namun, dengan biaya yang sudah dikeluarkan tersebut masih belum bisa memasang teman dan plugin.

Oleh karena itu, Jika ingin memasang tema dan plugin di WordPress.com minimal memilih paket Bisnis dengan harga $25/bulan jika dibayar setiap tahun yaitu sebesar $300. Dengan demikian dapat membangun website WordPress yang lengkap fitur tersedia di WordPress.com.

Sedangkan dengan WordPress.org, dapat membangun website yang dapat berfungsi dengan baik mulai dari harga $1 hingga $100 tergantung jenis layanan hosting website yang dibeli. Ada banyak layanan hosting misalnya saja Niagahoster, IDCloudHost, Hostinger, dan lain-lain. Kemudian mendapatkan kendali untuk mengatur sesuai dengan keinginan seperti memasang plugin, tema, memonetisasi website dan banyak lagi yang tidak disediakan oleh WordPress.com.

Menentukan Penggunaan antara Website WordPress.com dan WordPress.org

Kapan harus menggunakan WordPress.com?

Dengan menggunakan WordPress.com, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli hosting. Selain itu, juga tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan atau keamanan dasar yang merupakan salah satu keuntungannya. WordPress.com masih bisa digunakan secara gratis dengan mendapatkan penyimpanan hingga 3GB serta subdomain WordPress.com (domainkamu.wordpress.com) sehingga sangat cocok untuk pemula dan yang ingin belajar.

$ads={2}

Lalu, kamu tidak dapat memasang plugin atu tema untuk memudahkan dalam menyesuaikan website. Kecuali jika ingin membayarnya dengan cukup mahal apabila ingin menggunakan untuk keperluan bisnis.

Kapan harus menggunakan WordPress.org?

Dalam menggunakan WordPress.org harus dipasang dari penyedia layanan hosting, yang mana proses pemasangan cukup mudah dengan hanya satu klik kemudian tinggal digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, jika membeli nama domain dari penyedia layanan hosting yang sama, maka tidak perlu khawtir dalam mengubah DNS-nya  dan sudah dapat digunakan.

Keuntungan menggunakan WordPress.org adalah memiliki pilihan penyesuaian yang jauh lebih baik dari pada WordPress.org. Karena dapat menginstal plugin, menggunakan tema, dan melakukan apa saja yang dinginkan untuk kebutuhan Website. Selain itu, juga dapat memonetisasi Website misalnya menggunakan Google Adsense yang sangat bagus jika digunakan untuk bisnis.

Kesimpulan

WordPress.org diperuntukkan kepada pemilik website yang ingin mengaturnya secara mandiri. Yang mana membangun semuanya sendiri dari atas ke bawah mulai dari desain website hingga bebas memasang alat apa pun yang untuk mengontrol Website secara keseluruhan. Sehingga menjadi pilihan terbaik jika ingin membuatnya sendiri.

WordPress.com akan cukup baik jika Anda tidak ingin berhubungan dengan hosting, tool pihak ketiga, dan fungsionalitas tertentu. Cukup mendaftar dan Website langsung bisa online secara instan. Namun tidak dapat mengkostumisasinya secara lanjut kecuali jika ingin mengeluarkan biaya.

Previous Post Next Post

Contact Form

close