8 Alternatif Google Forms Terbaik

8 Alternatif Google Forms Terbaik

Seperti yang kita ketahui ketika ingin membuat formulir secara online, pasti pilihan yang akan digunakan adalah Google Forms atau Google Formulir. Google Forms sendiri merupakan tempat terpopuler untuk membuat formulir online secara gratis dari Google dan mudah digunakan. Selain itu, pengguna dapat membuat survei dan kuesioner dan mengumpulkan data dalam spreadsheet untuk analisis lebih lanjut.

Namun, terdapat kekurangan yang mana tidak memberikan penyesuaian yang sesuai dengan kondisi dalam hal seperti fitur lanjutan untuk mengumpulkan data dari pengunjung. 

Meskipun Google Formulir sangat bagus untuk penggunaan dasar saja, tetapi ia tidak memiliki fitur yang mungkin bermanfaat bagi bisnis. Misalnya, jika ingin mengumpulkan pembayaran pelanggan untuk kepentingan bisnis melalui formulir, maka itu tidak mungkin dilakukan di Google Formulir. Serta, Google Forms juga tidak memiliki fitur keamanan yang baik seperti mengunci formulir berdasarkan hak akses pengguna, kata sandi, dan lain-lain.

$ads={1}

Walaupun bisa menggunakan ekstensi tambahan agar dapat menggunakan fitur yang lebih banyak, akan tetapi agak sedikit sulit untuk mengkonfigurasi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini mimin akan membagikan alternatif Google Formulir terbaik, sehingga kamu dapat memilih tempat membuat formulir terbaik untuk bisnis atau untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

{getToc} $title={Table of Contents}

1. WPForms

WPForms adalah plugin formulir untuk WordPress yang sangat baik digunakan oleh pemula dan sebagai alternatif Google Forms. WPForms sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta penggua website.

Kamu dapat menggunakan membuat formulir dengan hanya drag drop saja sehingga mudah digunakan dalam membuat jenis formulir yang kamu suka tanpa harus menulis sedikit kode pun. Jika ingin cepat dan tidak mau repot dalam pembuatan formulir dari awal WPForm menyedikan lebih dari 300 jenis template formulir berbeda yang untuk dipilih. Kamu dapat membuat semua jenis formulir dari formulir kontak secara sederhana hingga formulir yang lebih canggih seperti survei kusioner, formulir donasi, dan banyak lagi.

Selain itu, terdapat fitur-fitur bagus yang bisa ditambahkan melalui kolom formulir seperti untuk menerima pembayaran online, mengizinkan pengguna untuk mengupload postingan, tanda tangan, Skala Likert, Net Promotor Score (NPS), reCAPTCHA, dan banyak lagi.

Setiap kolomnya dapat disesuaikan sesuai keinginan, karena dapat mengubah label, menambahkan deskripsi, mengedit ukuran bidang, menandai bidang yang diperlukan, dan membuat logika bersyarat jika diperlukan.

Selain itu, WPForms memberikan add-on untuk memperkaya fitur-fiturnya. 

Melalui add-on, kamu dapat menindaklanjuti responden yang meninggalkan formulir tanpa melengkapinya, sehingga kamu dapat mengubahnya menjadi petunjuk. Kemudian terdapat plugin memungkinkan dapat melacak url atau tautan yang diambil pengguna sebelum mengisi formulir dengan addon Perjalanan Pengguna mereka serta menangkap lokasi dengan menunjukkan kota, dan negara responden. 

Jika ingin menggunakannya, WPForms menawarkan versi gratis. Namun, jika Anda tertarik dengan fitur yang lebih canggih kamu harus mengeluarkan biaya sebesar $ 199,50 per tahun.

2. Formidable Forms

Formidable Forms adalah alternatif Google Forms berikutnya yang digunakan untuk membuat formulir melalui WordPress yang menawarkan banyak fitur-fitur canggih. Menggunakan konsep drag and drop sehinga sangat mudah digunakan bagi pengguna yang membuat berbagai jenis formulir seperti poling dan survei, formulir pembayaran, kuis, kontak, dan masih banyak lagi.

Setiap desain formulir yang responsif untuk seluler dan pengguna dapat menata formulir sesuai dengan keinginan pembuatnya. Selain bisa, menggunakan konsep drag and drop Formidable Foms menyediakan untuk mengedit dengan kode HTML dan menambahkan logika untuk menampilkan bidang formulir berdasarkan jawaban responden.

Fitur yang menarik dari Formidable Forms adalah memungkinkan pengunjung dapat melakukan perhitungan misalnya, anda dapat membuat kalkulator.

Kemudian terdapat fitur plugin yang mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan pemasaran email, menawarkan integrasi WooCommerce untuk membantu dalam membuat formulir produk, serta merupakan alternatif sempurna untuk dapat meningkatkan fungsionalitas pengalaman pengguna dan pengembang tingkat lanjut. Untuk menggunakan Formidable Forms tidak bisa digunakan secara gratis, harus mengeluarkan biaya sekitar $39,50 pertahun untuk pilihan Basic. Namun, dibalik itu semua kamu mendapat fitur-fitur canggih yang tidak bisa kamu dapatkan di alternatif lain.

3. Form Builder (HubSpot)

Form Builder (HubSpot) adalah bagian fitur layanan Marketing dari Hubspot yang dilengkapi dengan fitur lain seperti CRM, pemasaran email, dan fitur penjualan lainnya. Kamu dapat menggunakannya dengan mudah membuat formulir sesuai keinginan yang terintegrasi dengan HubSpot CRM untuk membantu dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan.

$ads={2}

Terdapat fitur otomatisasi Marketing pada HubSpot, sehingga dapat mengatur pengiriman email otomatis kepada responden yang mengisi formulir. Selain itu, dapat menambahkan tindak lanjut tambahan bagi yang menggunakan CRM HubSpot dan otomatisasi Marketing-nya

Form Builder HubSpot bisa digunakan secara gratis beserta layanan lainnya yang bersifat gratis. Jika ingin menggunakan fitur tambahan bisa menggunakan pilihan berbayar dengan terdapat 3 pilihan seperti Starter, Professional, dan Enterprise yang mulai dari $45/bulan. Dengan begitu, bisa menghilangkan watermark HubSpot, menggunakan fitur formulir tambahan, dan marketing.

4. Typeform

Typeform adalah layanan untuk membuat formulir yang dikemas dengan tampilan menarik dan memungkinkan penggunanya membuat semua jenis formulir online. Ada banyak template formulir yang tersedia dari berbagai kategori seperti kuis, survei, kuesioner, poling, hadiah, dan lainnya yang dapat di edit sesuai kebutuhan.

Dalam pembuat formulir, Typeform menyediakan pilihan untuk melakukan penyesuaian. Pengguna dapat mengubah tata letak setiap kolom, mengedit desain, tema, dan mengatur logika sesuai kondisi. Selain itu, Typeform menawarkan fitur tambahan yang menjadikannya alternatif Google Forms yang cukup baik. Misalnya, dapat untuk menetapkan limit responden, menjadwalkan tanggal tutup, menampilkan pesan tertutup kepada pengunjung, mengatur pemberitahuan email, dan banyak lagi. 

Typeform juga terintegrasi dengan layanan terkenal lainnya seperti Google Spreadsheet, Google Analytics, Google Tag Manager, Salesforce, Freshdesk, HubSpot, Facebook, Slack, Drip, Zoho CRM, dan layanan lainnya. Typeform sendiri bisa digunakan secara gratis dan berbayar jika ingin mendapatkan fitur lanjutan dengan biaya $30/bulannya.

5. Zoho Forms

Zoho Forms merupakan pembuat formulir yang menawarkan banyak fitur yang tidak akan kamu temukan di Google Forms. Terdapat beberapa Template formulir dari berbagai industri dan unit bisnis. Sama seperti layanan alternatif lainnya pengguna cukup drag and drop untuk menambah atau menghapus bagian pada formulir, menggunakan logika untuk menetapkan aturan untuk setiap kolom, atau membuat lebih dari satu halaman.

Zoho Forms juga memberikan keamanan untuk melindungi data dan membatasi akses ke formulir yang menunjukkan bagaimana laporan formulir dengan laporan analitik terperinci. Keuntungan lain dalam menggunakan Zoho Forms adalah dapat mengatur secara otomatis alur kerja dengan cepat. Sehingga memungkinkan untuk memberikan akses data formulir ke berbagai aplikasi dan layanan yang terintegrasi dengan mudah dari layanan Zoho lainnya. Zoho Form bisa digunakan secara gratis dan berbayar dimulai dari $13/bulannya.

6. Wufoo

Wufoo adalah pembuat formulir online dari SurveyMonkey dan menjadi pilihan dari kalangan perusahaan. Seperti kebanyakan alternatif Google Forms, Wufoo juga menawarkan konsep drag and drop dalam membuat formulir. Wufoo memiliki tampilan yang rapi sehingga dapat dengan mudah membuat berbagai jenis formulir menggunakan template yang tersedia. Hal Ini juga memungkinkan untuk membuat dari awal dengan menambahkan bagian yang  baru dengan mudah karena memiliki fitur drag and drop.

Pada setiap kolomnya terdapat banyak pilihan untuk menyesuaikan formulir. Misalnya, dengan mengganti nama kolom, menambahkan rentang, memperlihatkan bagian kepada pengunjung tertentu, menambahkan teks placeholder, dan banyak lagi. Fitur lain dari Wufoo adalah pelacakan formulir melalui Google Analytics, mengumpulkan alamat IP responden, perlindungan spam captcha, dan integrasi dengan layanan pembayaran. Jika ingin menggunakan Wufoo dapat mencobanya secara gratis atau bisa langsung membayarnya mulai dari $169/tahunnya.

7. JotForm

JotForm berikutnya sebagai alternatif Google Forms yang menawarkan pembuat formulir online secara gratis. Selain bisa, membuat formulir dari awal, JotForm menyediakan banyak sekali template dari berbagai jenis formulir mulai formulir registrasi, formulir pemesanan, formulir feedback, survei, formulir persetujuan, kuis dan masih banyak lagi. Setiap template dapat diedit seperti pembuat Form lainnya dengan cara drag and drop. Yang mana terdapat bidang untuk mengumpulkan data pembayaran yang bisa diintegrasikan dengan layanan PayPal, Square, Stripe, dan layanan lainnya. JotForm bisa digunakan secara gratis dengan bisa membuat sebanyak 5 formulir, menyimpan 100 data pengiriman, dan penyimpanan sebesar 100 MB.

Namun, jika Anda mencari lebih banyak pembuatan formulir, penyimpanan,  fitur kepatuhan Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA), dan menghilangkan brand JotForm, maka bisa mencoba yang berbayar mulai dari $174 per tahun.

8. Microsoft Forms

Microsoft Forms merupakan Google Forms nya versi Micrsoft yang menyediakan untuk membuat formulir secara gratis. Sehingga cocok untuk dijadikan alternatif Google Forms karena jika memiliki langganan Office 365 dan terhubung dengan layanan Microsoft lainnya maka dapat menyimpan formulir dan melihat data dari Excel.

Fitur-fitur Microsoft Forms bisa dibilang sangat mirip dengan Google Forms. Yang mana dapat menambahkan bidang formulir seperti kolom pertanyaan pilihan ganda, teks, tanggal, skala, dan NPS. Setiap bagian dapat diedit dan dapat dipisahkan menjadi beberapa halaman berbeda.

Microsoft Forms menyediakan template yang sudah dibuat seperti kuis, survei untuk feedback, formulir registrasi, formulir undangan, dan banyak lagi. Namun, dalam penggunaannya Microsoft Forms memiliki fitur yang terbatas dan tidak secanggih alternatif sebelumnya. Tetapi dibalik keterbatasannya  Microsoft Forms bisa digunakan secara gratis yang memiliki lisensi Office 365.

Kesimpulan

Dari semua alternatif Google Forms yang telah sebutkan, mimin merekomendasikan WPForms. Karena menawarkan banyak fitur yang tidak akan kamu temukan di Google Forms seperti banyak menyediakan template formulir serta hanya menggunakan drag and drop untuk membuatnya. Namun, jika ingin menggunakannya harus memiliki website WordPress terlebih dahulu. Sehingga jiika tidak memilikinya maka tidak bisa menggunakannya.

Tetapi tidak perlu khawatir karena masih bisa membuat formulir tanpa harus mempunyai Website WordPress misalnya seperti Form Builder (Hubspot), Typeform, Zoho Forms, Wufoo, JotForms, dan Microsoft Forms. Dengan demikian, semoga artikel ini membantu kamu untuk mencari alternatif Google Forms untuk kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan.

Previous Post Next Post

Contact Form

close