7 Situs Untuk Cek Plagiarisme Terbaik Dan Gratis

7 Situs Untuk Cek Plagiarisme Terbaik Dan Gratis

Plagiarisme adalah suatu tidakan pencurian intelektual yang melibatkan menggunakan kontennya kembali tanpa izin. Hal itu tidak memberikan pendapatan apapun kepada penulis asli dari karyanya tersebut. Plagiarisme juga melibatkan penggunaan kembali konten sebelumnya dengan tidak resmi dan menyebarkannya sebagai karya yang baru.

Bagi kamu merupakan penulis artikel web atau blog maka hal plagiarisme sangat dihindari karena akan merusak SEO (Search Engine Optimization) dan akan Google akan memberikan peringkat yang renda pada konten anda. Namun, tidak ada salahnya untuk mengecek ulang tulisan kamu agar konten tidak terkena plagiat dan mendapatkan tulisan yang unik.

{getToc} $title={Table of Contents}

Untuk mengeceknya menggunakan tools dari website yang sudah menyediakan pengecekkan plagiarisme secara online. Berikut ini adalah 7 situs untuk cek plagiarisme terbaik menurut mimin yang dapat kamu gunakan secara gratis tentunnya. Daftar situs yang disebutkan secara random, jadi tidak ada diurut secara dari yang terbaik.

$ads={1}

1. Quetext

Quetext  merupakan website yang menawarkan untuk mengecek plagiarisme secara gratis. Tidak hanya saja Quetext memiliki UI atau tampilan yang sangat rapi, minimalis sehingga pengguna bisa berlama-lama di Quetext. 

Untuk penggunaannya kamu perlu login kedalam Quetext, tidak perlu khawatir pendaftarannya sangat mudah tinggal masukkan email yang aktif lalu pasang password yang kuat. Ketika sudah masuk kedalam akunnya maka akan menampilkan dashboard utama dan bisa langsung digunakan untuk mengecek teks serupa. Masukkan teks yang ingin cek, lalu pilih Check Plagiarism dan proses pengecekan dimulai. Ketika proses sudah selesai, maka teks akan dikembalikan dengan teks yang digaris bawah berwarna merah apabila teridentifikasi plagiat. Teks dapat dipilih pada bagian yang terkena plagiat sambil melihat website yang memiliki teks yang serupa.

2. Small SEO Tools

Small SEO Tools adalah tools yang digunakan sebagai pemeriksa plagiarsime dari berbagai konten apapun. Tools ini dirancang untuk penulis blog atau penulis buku yang harus memperhatikan keunikan tulisan. Selain itu, dapat memungkinkan kamu untuk mengupload file .doc, .docx, .pdf, .txt, .odt, . dan rtf yang berisi sejumlah teks atau tulisan. Bahkan dapat memeriksa teks melalui url atau tautan website.

Dalam penggunaannya sangat mudah yaitu masukkan teks ke dalam kotak pencariannya atau bisa juga mengupload file yang didukung oleh Small SEO Tools untuk diperiksa. Kemudan ceklis Captcha untuk membuktikan kalau kamu manusia dan pilih Periksa Plagiarisme. Maka proses pemeriksaan plagiariime dimulai, lamanya proses pemeriksaannya tergantung dari banyaknya tulisan yang dimasukkan dan koneksi internet. Setelah proses selesai, tools akan menampilkan hasil yang telah diperiksa dengan menampilkan presentase kalimat yang terkena plagiarisme atau unik. Ketika tulisan terkena plagiarsime. Kalimat akan diberi label berwarna merah serta kata Menjiplak dan bisa membandingkan dengan kalimat yang sama dari kutipan-kutipan dari Google. Sedangkan kalimat akan diberi label berwarna hijau serta Kata Unik ketika kalimat atau teks tidak memiliki kalimat yang sama alias original.

3. Search Engine Report

Search Engine Report juga menjadi salah satu situs terbaik untuk cek plagiarisme. Selain bisa mengecek melalu teks yang dimasukkan, Search Engine Report bisa menggunakan file yang berisi teks yang diupload melalui data komputer atau dari Dropbox. Dalam penggunaannya bisa dibilang sangat mirip seperti pada Small SEO Tools mulai dari cara memasukkan teksnya, sampai hasil yang sudah di periksa yang bisa membandingkan langsung dengan teks yang serupa dengan sumber yang serupa juga dengan yang ada di Google. Selain iu, laporan dari hasil pengecekkan bisa juga di download untuk membantu kamu agar bisa membuat tulisan yang lebih unik lagi kedepannya.

4. Duplichecker

Duplichecker merupakan situs cek plagiarsime berikutnya yang penggunaannya cukup mudah tanpa adanya masalah. Selain bisa memasukkan langsung teks yang bisa di periksa, tools pada website ini juga memungkinkan pemeriksaan dengan mengupload file .tex, .txt, .doc, .docx, .odt, .pdf dan .rtf dengan maksimal 1000 kata per submit. Serta juga bisa memeriksa melalui url website.

Untuk penggunaan Duplichecker kamu hanya tinggal menempelkan teks atau bisa upload file yang didukung, lalu centang saya bukan robot dari Captcha kemudian pilih Check Plagiarism dan proses pengecekkan dimulai. Setelah selesai, teks yang sudah diinputkan akan dikembalikan dengan meng-highlight berwarna merah apabila ditemukan kalimat plagiat dengan sumber-sumber yang ada di pencarian Google sambil menunjukkan tingkat presentase plagiarisme. Namun apabila teks tidak meng-highlight berwarna merah maka dapat dipastikan teks tersebut unik.

5. Plagiarism Detector

Plagiarsm Detector sekilas tampilannya sangat mirip dengan Duplichecker lalu pada fitur – fitur yang disediakan juga mirip. Untuk penggunaanya juga mirip, yang membedakan ialah tools Plagiarism Detector tidak memakai Captcha untuk melakukan verifikasi. Tetapi tidak mengurangi tingkat keakuratan dalam mengecek plagiarisme. Tampilan dari hasil pengecekkan akan dilihat secara berdampingan yaitu teks yang sudah diinputkan pada sisi kiri dan sumber yang terkena plagiat pada sisi kanan.

6. Plagium

Plagium sebenarnya merupakan layanan yang berbayar, namun masih bisa menggunakan fitur cek plagiarsime secara gratis tanpa harus mendaftarnya. Plagium terdapat dua meotde untuk melakukan pengecekkan yaitu Quick Search dan Deep Search. Tetapi untuk Deep Search diharuskan untuk login kedalam website tersebut.

Pada penggunaannya Plagium memiliki batasan 1000 batas karakter atau sekitar 100 kata untuk melakukan pengecekkan. Namun dengan adanya batasan tersebut bisa diatasi dengan salin teks yang memiliki lebih dari 1000 karakter lalu tempelkan pada kotak pengecekkannya. Kemudian pilih Quick Search dan proses yang dihasilkan cukup cepat. Tools Plagium tidak menampilkan bagian kalimat mana yang terkena plagiat, hanya menampilkan tingkat kesamaan dari website yang teridentifikasi.

$ads={2}

7. 1text

1Text merupakan tools untuk mengecek plagiarisme yang cukup ringkas dan memiliki fitur untuk login. Namun hasil yang ditampilkan cukup akurat serta fitur login tersebut hanya opsional saja karena tanpa login kamu sudah bisa mendapatkan fitur-fitur utamanya. 1Text memiliki tiga hal fitur utama yaitu jumlah kata, tata bahasa dan ejaan serta tentunya cek plagiarisme.

Untuk penggunaan 1Text masukkan teks yang ingin kamu periksa kedalam kotak pengecekkannya. Lalu pilih Check for Plagiarism, maka proses akan dimulai dengan pemeriksaan dibutuhkan waktu yang agak lama. Hal itu disebabkan harus mengantri dengan mengutamakan pengguna lain yang menggunakan tools 1Text-nya lebih cepat dari kamu. Hasil yang ditampilkan cukup akurat karena dapat menampilkan tulisan yang diambil dari sumber website apabila memiliki persentasi Unique yang rendah. Semakin rendah presentase Unique yang didapat maka semakin tinggi tinggkat plagiarisme. Hal ini dapat dilihat dari presentase yang mengarah ke sumber kutipan website.

Penutup

Tools pemeriksa plagiarisme menggunakan algoritma yang kompleks untuk mendeteksi sebuah teks serupa baik dalam paragraf maupun kalimat. Jika terdapat halaman website berisi teks yang sama, maka dapat dipastikan kalimat tersebut menjadi plagiat. Keakuratan plagiarisme tergantung pada tools yang kamu gunakan.

Dari semua tools yang sudah disebutkan, tools mana yang menjadi favoritmu? Sebenarnya masih banyak website tools untuk cek plagiarisme, namun 7 situs tersebut merupakan yang paling sering mimin gunakan baik digunakan untuk membuat tugas, karya ilmiah, dan untuk menulis artikel. Selain itu, penggunaannya mudah dengan mendapatkan presentasi yang akurat dan tentunya juga gratis.

Previous Post Next Post

Contact Form

close