5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas

Laptop semakin hari semakin banyak jenisnya mulai dari merk, spesfikasi, dan fitur yang ditawarkan lainnya. Pengguna laptop pun samakin hari semakin banyak, apalagi dimasa sekarang yang serba online dan harus terhubung dengan internet yang membuat meningkatnya permintaan pembelian laptop membuat harganya menjadi naik.

Untuk sebagian orang yang mempunyai uang lebih masih bisa membeli laptop dengan harga yang naik. Namun, sebagiannya lagi harus mencari cara untuk mendapatkan harga yang dibawahnya pasarnya dengan memilih laptop bekas. Selain mendapatkan harga miring, laptop bekas bisa jadi sudah mendapatkan peningkatan spesifikasi dari tangan pertama atau penjual.

$ads={1}

Dalam membeli Laptop Bekas tidak semudah yang dibayangkan, bisa saja laptop bekas yang dijual memiliki kerusakan namun ada juga yang tidak. Tetapi dalam membeli laptop bekas ada saja kerusakan yang disembunyikan oleh penjualnya. Oleh karena itu agar kamu terhindar kerusakan ada hal yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas yang bisa kamu baca dibawah ini.

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Mengetahui Jenis Laptop Yang Dibeli

Sebelum langsung membeli laptop hal yang pertama kali yang harus dilakukan yaitu mengetahui jenis laptop yang mau dibeli. Mulai dari merk hingga spesifikasi agar kamu tidak salah pilih, kalau kamu membelinya langsung tanpa mencari tahu dulu supaya tidak menyesal nantinya. Kamu bisa mencari informasi tentang laptop dibrosur toko komputer atau mencarinya di Google.

2. Kelengkapan Laptop

Berikutnya ketika kamu sudah mendapatkan penjual laptop yang sesuai dengan laptop yang kamu pilih maka periksa dan tanyakan kepada penjual apakah laptop yang dijual memiliki kelengkapan atau tidak misalnya misalnya charger, kotak laptop, nota pembelian, serta aksesoris seperti mouse, kipas pendingin dan sebagainya. Namun, yang paling penting adalah menanyakan tentang charger atau cas-nya karena akan sulit nantinya apabila baterai laptop sudah habis. Jika sudah memiliki kelengkapan tersebut kamu maka bisa melanjutkan hal yang diperhatikan dalam membeli laptop bekas.

3. Kondisi Laptop

Sampai disini sudah bisa memperhatikan keadaan laptop yang akan kamu beli, tanyakan kepada penjual seperti sudah berapa lama pemakaian dan digunakan untuk apa saja. Walaupun sudah terdapat keterangan bahwa penjual sudah memberitahu jika kondisi laptopnya baik-baik saja, tetapi alangkah baiknya kamu periksa langsung.

Terdapat hal yang harus diperhatikan ketika kamu memeriksanya langsung, seperti cek goresan atau retakkan pada casing laptop, colokan atau sambungan laptop apakah masih berfungsi dengan baik, keyboard dan trackpad mouse apakah masih berfungsi dengan baik, periksa layar monitor apakah masih baik atau terdapat titik putih serta baut-baut yang terapat pada laptop. Intinya pada bagian ini periksa yang masih bisa dilihat.

Masih dimemeriksa kondisi laptop, jika tadi yang terlihat oleh mata. Dibagian ini akan dibahas komponen didalamnya yang agak sulit terlihat jadi kamu harus memeriksanya lewat sistem laptopnya. Adapun hal yang harus diperiksa yaitu cek kesehatan Hard Disk, RAM, dan masa pakai  Baterai juga harus diperiksa.

Kamu bisa memeriksa kondisi laptop menggunakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk memeriksa kesehatan atau kerusakan pada laptop. Aplikasinya yaitu ADIA64, Heavy Load, Passmark Performance Test, dan sebagainya.

4. Cek Garansi

Sebelum masuk ke harga, kamu sudah memeriksa semuanya seperti kelengkapan dan kondisi laptop. Namun, ada hal yang tidak kalah yakni mengecek apakah mendapatkan garansi atau tidak ketika membeli laptopnya. Supaya ketika kamu sudah membelinya, kamu masih bisa melaporkan jika terjadi kerusakan pada laptop kepada penjual. Biasanya penjual memberikan 3-7 hari bahkan ada yang sampai 1 bulan untuk memberikan garansinya. Adapun kalau penjual masih memiliki garansi resmi dari toko yang ia beli maka akan lebih baik lagi.

$ads={2}

5. Harga Pasaran

Terakhir, pada harga sebenarnya masih memiliki keterkaitan pada hal yang pertama karena mengetahui jenis laptop yang dibeli maka harus tahu juga harganya. Tetapi mimin pisahkan saja agar lebih mengetahui harga laptop yang dijual bekas.

Kalau sudah memeriksa kelengkapan, kondisi laptop, dan mengecek garansi saatnya kamu tanyakan harganya. Jika harga yang diberikan lebih tinggi dari pada harga pasaran sebaiknya kamu periksa lagi kondisi laptopnya karena bisa saja ada part atau komponen yang diupgrade dari penjual, tetapi tidak sedikit juga harganya menjadi miring karena sudah pernah membongkar laptopnya. Namun jika kamu tidak begitu yakin dengan harga yang ditawarkan kamu bisa mencari penjual yang lain dengan jenis laptop yang sama.

Penutup

Seperti itulah 5 hal yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas, dalam membeli laptop bekas memang banyakyang harus diperhatikan beda dengan laptop baru yang langsung dari toko. Tidak perlu terburu-buru dalam memeriksa laptop karena selain bisa mendapatkan kondisi yang bagus, kamu juga bisa memakainya untuk jangka panjang. Jika ragu, minta bantuan ke temamu yang mengerti tentang laptop agar bisa meyakinkan kamu untuk membeli laptop bekas.

Previous Post Next Post

Contact Form

close