Cara Memilih Laptop Untuk Anak Kuliah

Cara Memilih Laptop Untuk Anak Kuliah

Bagi kamu yang ingin atau yang sedang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, laptop merupakan hal yang wajib untuk kamu miliki selain Smartphone. Kenapa? karena pada masa perkuliahan kamu tidak hanya dihadapkan tugas yang ditulis disebuah buku atau kertas tetapi juga dihadapkan dengan tugas yang formatnya mengetik atau membuat berkas dokumen seperti makalah, proposal, karya tulis ilmah, skripsi, dan tugas lainnya yang berhubungan dalam mengetik.

Lalu mungkin ada yang bertanya, tapi kan kita bisa membuat tugas mengetik dengan meminjam laptop teman atau pergi ke tempat warnet, bahkan di Smartphone pun bisa? Iya memang tugas tersebut bisa dibuat di tempat yang sudah disebutkan sebelumnya, namun ketika nanti diberikan banyak tugas kamu akan kesulitan sendiri dan terlalu boros uang jika kamu sering ke tempat warnet.

$ads={1}

Maka dari itulah kamu diharuskan memiliki laptop agar mempermudah kebutuhan tugas. Tetapi masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara nya memilih laptop yang pas untuk anak kuliahan. Oleh karena itu, aku akan memberikan tips dalam memilih laptop bagi readers yang ingin kuliah atau sedang kuliah.

{getToc} $title={Table of Contents}

Mencari Harga Yang Pas Sesuai Budget

Sebelum kamu menentukan laptop apa yang mau dibeli, pastikan kamu melihat harga yang sesuai dengan kantongmu terlebih dahulu agar ketika mendapatkan harga yang murah kamu bisa menghemat pengeluaran. Tetapi jika kamu menginginkan laptop dengan harga yang mahal namun tidak sesuai dengan  budget yang kamu punya, kamu bisa menabung terlebih dahulu sampai mencukupi harga laptop yang diinginkan atau kamu bisa mencari dan membeli yang bekas saja karena biasanya harga laptop lebih terjangkau dari pada yang baru langsung dari toko.

Melihat Spesifikasi Laptop

Laptop dengan media penyimpanan 500gb atau bahkan 1tb dengan ram 4gb merupakan spesifikasi minimal laptop pada masa sekarang. Karena spesifikasi minimal tersebut sudah bisa menjalankan aplikasi yang umum dipakai oleh mahasiswa seperti aplikasi office, browser, zoom, meet dan aplikasi ringan lainnya. Melihat spesifikasi laptop memang tidak lepas dengan melihat harganya juga. Yang dimana semakin tinggi spesifikasi laptop maka tinggi pula biaya yang perlu dikeluarkan. Jadi kamu harus pandai melihat spesifikasi laptop untuk kebutuhan kuliah. Misalnya, kamu berkuliah di jurusan akuntansi maka pilihlah laptop yang standar dipakai oleh anak kuliah dan bagi kamu yang berkuliah di jurusan desain komunikasi visual sebaiknya pilihlah spesifikasi laptop yang tinggi.

Setelah mencari harga dan melihat spesifikasinya, Berikut ini ada beberapa hal yang menurutku memang harus ada ketika kamu sedang memilih laptop.

Sudah Terinstal Sistem Operasi Windows yang Original

Ketika membeli laptop memang sudah terinstal windows secara default, kalau tidak ada sistem operasinya maka laptop tidak akan berjalan dan hanya seperti barang mati saja. Namun perlu diperhatikan beberapa merek laptop hanya bersifat trial atau memiliki jangka waktu pada sistem operasi windows sehingga ketika masa trial sudah habis maka laptop akan menyuruh kamu untuk mengupgrade ke versi yang full dengan membeli lisensi yang tidak murah. Meskipun begitu kamu tetap bisa memakainya seperti biasa namun kamu akan merasa terganggu dengan notfikasinya yang akan selalu muncul di sisi kanan bawah pada layar laptop. Saat ini sudah banyak merek laptop yang sudah memakai sistem operasi Windows dengan versi yang original.  Oleh karena itu, carilah laptop yang sudah terdapat sistem operasi Windows secara orginal, karena kamu yang mahasiswa tinggal memakainya saja tanpa harus khawatir dengan masa trial nya.

$ads={2}

Pastikan Sudah Terdapat Aplikasi Office

Loh, kan memang biasanya laptop sudah ada aplikasi bawaan office misalnya seperti Microsoft Office, kenapa harus mencari laptop yang ada aplikasi office lagi? . Iya bener kok, memang biasanya sudah terinstal secara langsung, tetapi ada beberapa merek laptop memberikan aplikasi office nya trial bersifat  atau memiliki jangka waktu,  jika sudah habis masa trialnya maka aplikasi office tersebut tidak bisa digunakan seperti membuat, mengedit file office dan hanya bisa melihatnya saja (contohnya Microsoft Office 365) yang membuat kamu harus membeli lisensi dengan harga yang tidak murah atau jika tidak ingin mengeluarkan uang kamu bisa menggunakan alternatif Micrososft Office. Namun pastikan saja laptop tersebut sudah mempunyai aplikasi office seperti Word, Presentation, dan Excel. Karena akan sangat berguna bagi mahasiswa dalam membuat dokumen, presentasi, hingga mengolah angka. Jika kamu tidak memiliki aplikasi tersebut kamu tidak akan bisa mengerjakan tugas bukan?

Kesimpulan

Nah, seperti itulah jika kamu yang sedang bingung bagaimana caranya memilih laptop yang tepat untuk para mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan pula yang membaca artikel ini adalah masyarakat umum yang sedang mencari cara memilih laptop juga. Perlu diketahui penjelasan diatas merupakan hal yang telah aku lakukan ketika sedang mencari laptop untuk kuliah. Karena pada saat ini banyak sekali merek laptop yang menawarkan spesifikasi yang sama namun memiliki harga yang berbeda atau sebaliknya. Oleh karena itu, pilihlah dengan bijak agar bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhan jurusan kamu, karena kamu akan memakainya terus selama berkuliah. Jika masih bingung dengan penjelasan diatas silahkan komentar dibawah ini untuk kita berdiskusi bareng.

Previous Post Next Post

Contact Form

close