Perbandingan Antara Google Meet Dan Zoom, Mana Yang Lebih Baik?

Perbandingan Antara Google Meet Dan Zoom, Mana Yang Lebih Baik?

Di masa sekarang ini aplikasi konferensi video sedang banyak digunakan, karena semua kalangan seperti pelajar,  mahasiswa, serta pekerja kantoran dan lainnya harus melakukan dan mengerjakan tugasnya dari rumah dengan menggunakan aplikasi konferensi video untuk tetap bisa belajar dan bekerja. 

Ada banyak aplikasi konferensi video, tetapi yang paling sering digunakan adalah Google Meet dan Zoom yang bisa di download secara gratis disemua platform seperti Andorid, IOS, dan Windows. Pada dasarnya Google Meet dan Zoom memiliki fungsi utama yang sama yaitu menyediakan layanan konferensi video, namun memiliki perbedaan diantara keduanya seperti fitur dan sebagainya serta mana yang lebih baik untuk digunakan.

$ads={1}

Maka dari itu, pada diartikel ini mimin akan menjelaskan perbandingan antara Google Meet dan Zoom serta diantara tersebut mana yang lebih baik digunakan.

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Peserta

Google Meet dan Zoom sama-sama dapat menampung hingga 100 peserta setiap ruangan yang digunakan untuk menyelenggarakan rapat online. Namun agar bisa menampung lebih dari 100 peserta, pengguna harus membayarnya terlebih dahulu sesuai dengan kapasitas yang diminta. 

Untuk versi berbayar Google Meet memberikan daya tampung mulai dari 150 peserta hingga maksimum 250 peserta, tergantung versi berbayar yang digunakan. Sedangkan Zoom versi berbayar memberikan 3 pilihan daya tampung yaitu untuk 300, 500, serta bisa sampai 1000 peserta, tergantung dari pilihan versi berbayar yang digunakan.

2. Waktu Durasi

Dalam versi gratisnya Google Meet dan Zoom mempunyai batas waktu durasi tertentu pada saat menyelenggarakan pertemuan online. Jadi tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama, untuk Google Meet memberikan batas durasi maksimal 1 jam sedangkan Zoom hanya memberikan maksimal 40 menit lebih dari waktu yang telah ditentukan maka aplikasi konferensi video akan berhenti dan harus membuat ulang.

Untuk bisa mendapatkan durasi waktu yang lebih lama, Google Meet dan Zoom juga menyediakan di versi berbayarnya. Pada Google Meet versi berbayar menyediakan durasi sampai seharian atau 24 jam sedangkan Zoom versi berbayar bisa sampai 30 jam.

3. Rekaman

Setiap aplikasi konferensi video, pengguna dapat memungkinkan untuk menyimpan hasil rekaman aktivitas selama pertemuan berlangsung. Pada Zoom versi gratis menyediakan fitur agar penggunanya  bisa untuk merekam lalu menyimpannya ke penyimpanan mereka, sedangkan untuk Google Meet tidak menyediakan fitur merekam.

Oleh karena itu, agar bisa merekam Google Meet menyediakan fitur tersebut dalam versi berbayar lalu hasil rekaman disimpan pada Google Drive. Walaupun Zoom sudah tersedia fitur merekam, tetapi Zoom juga menyediakan penyimpanan online dimulai dari 1 GB hingga tidak terbatas dengan menggunakan versi berbayar.

4. Harga Langganan

Google Meet dan Zoom sebenarnya sudah bisa digunakan secara gratis untuk menggunakannya, namun keduanya memiliki fitur tambahan yang sudah mimin sebutkan sebelumnya seperti jumlah peserta, waktu durasi, dan fitur rekaman. Untuk bisa menggunakan fitur tambahan tersebut pengguna harus membayarnya dengan berlangganan terlebih dahulu.

Google Meet versi berbayar menawarkan 2 pilihan yaitu Google Workplace Essentials dan Google Workspace Enterprise masing-masing mempunyai harga yang berbeda. Google Workspace Essentials dihargai 8 USD per bulan, sedangkan Google Workspace Enterprise untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar jadi untuk membayarnya harus menghubungi pihak Google Meet dulu dan untuk haga tergantung dari kesepakatan yang ada.

Zoom versi berbayar memiliki 4 pilihan harga diluar dari versi gratisnya yaitu Pro, Business, Zoom United Business, dan Enterprise. Zoom Pro mulai dari 149,90 USD per tahun, Zoom Business dengan 199,90 USD per tahun, Zoom United Business dengan harga 350 USD per tahun, dan Zoom Enterprise mulai dari 240 USD per tahun.

$ads={2}

Semakin tinggi harga langganan yang dibayar maka akan semakin banyak pula fitur yang diberikan oleh aplikasi penyedia layanan konferensi video.

Penutup

Kedua aplikasi konferensi video ini unggul di bagian tertentu. Jika kamu sedang mencari layanan konferensi video yang memiliki fitur lengkap Zoom bisa menjadi pilihan terbaik. Meskipun Google Meet mungkin mempunyai fitur yang lebih sedikit, tetapi dari segi penggunaannya lebih mudah untuk digunakan. Karena tidak perlu membutuhkan akun khusus, pengguna sudah dapat bergabung dengan pertemuan di Google Meet hanya dengan akun Google standar sehingga proses rapat bisa lebih cepat.

Selain itu, Zoom berfungsi dengan baik dan banyak menggunakan fitur-fiturnya apabila digunakan untuk rapat yang besar dan penting. Namun, jika kamu hanya menggelar rapat kecil misalnya dengan teman atau untuk bisa bertemu dengan teman dari jarak jauh, Google Meet bisa dijadikan solusinya. Sekian semoga bermanfaat untuk kamu yang belum mengetahui perbandingan antara google meet dan zoom serta mana yang lebih baik penggunaannya.

Previous Post Next Post

Contact Form

close