Cara Screenshot Di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Screenshot Di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Screenshot merupakan tangkapan tampilan layar yang digunakan apabila terdapat hal menarik pada tampilan atau ingin yang menyimpan momen tertentu. Tidak hanya itu saja, screenshot bisa dijadikan konten tutorial serta bisa juga menjadi alat pembuktian maka screenshot bisa jadi solusinya.

$ads={1}

Untuk pengambilan screenshot mungkin sudah ada yang tahu bisa menggunakan aplikasi, namun sebagian orang ada yang tidak, terkhususnya cara screenshot lewat laptop atau desktop Windows. 
Tetapi tahu tidak, sebenarnya ada cara Screenshot tampilan layar laptop Windows tanpa aplikasi tambahan yang bisa kamu ikuti berikut diantaranya : 

{getToc} $title={Table of Contents}

1. Menggunakan Tombol PrtSc pada keyboard

Caranya tampilkan bagian yang mau kamu Screenshot, lalu tekan tombol PrScr yang biasa terletak di pojok kanan atas keyboard secara otomatis tersimpan di clipboard sistem. Kemudian untuk melihat hasilnya bisa paste-kan atau tekan Ctrl + V secara bersamaan di aplikasi yang memiliki ruang kosong misalnya Paint atau Microsoft Office (Bisa Word atau Powerpoint). Dan bisa dilihat hasil Screenshot-nya menangkap satu layar penuh, simpan jika menurut kamu hasilnya sudah dirasa baik.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Prtsc

Caranya tampilkan bagian yang mau kamu screenshot, lalu tekan tekan tombol Windows + Prtscr secara bersamaan dan secara otomatis layar akan redup beberapa saat menandakan Screenshot berhasil. Proses screenshot juga mengambil tangkapan satu layar penuh tetapi hasilnya sudah dijadikan file gambar. Untuk hasilnya bisa dilihat di C:\Users\%namauserkamu%\Pictures\Screenshots. Tekan lagi tombol kombinasinya jika dirasa kurang baik. Fitur kombinasi ini hanya bisa dilakukan di Windows 8 keatas.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S

Caranya tampilkan bagian yang mau kamu screenshot, lalu tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan, lalu pilih mode screenshot bisa Retangular, Freeform, Window atau Fullscreen pilih diantara tersebut maka screenshot akan tersimpan di clipboard sistem. Hasilnya bisa dilihat popup kanan layar, tekan untuk mengeditnya. Jika tidak muncul popup maka buka aplikasi paint. Fitur ini hanya bisa dilakukan di Windows 10 versi terbaru.

4. Menggunakan Game Bar

Game Bar sebenarnya merupakan fitur khusus untuk para pemain game, karena bisa merekam gameplay tanpa aplikasi tambahan. Tidak hanya itu saja, Game Bar terdapat fitur screenshot yang bisa mengambil tangkapan layar selain game yang dimainkan. Cara tampilkan bagian yang mau kamu screenshot, lalu tekan tombol Windows + G secara bersamaan dan pilih Screenshot yang terletak dibagian kiri layar. Hasilnya akan langsung tersimpan menjadi file gambar yang letaknya C:\Users\%namauserkamu%\Videos\Captures.

Jika tombol Windows + G tidak bisa, silahkan cek Setting > Gaming > Game Bar. Periksa apakah ‘Record game clips screenshots, and broadcast using Game bar‘ aktif atau tidak. Tetapi apabila tidak ada, update Windows kamu sampai Windows 10 versi terbaru.

5. Menggunakan Snipping Tool

Caranya tampilkan bagian yang mau screenshot lalu buka aplikasi Snipping Tool, kamu bisa mencarinya di Start menu dengan tekan tombol windows lalu  , All Programs > Accessories > Snipping tool atau kamu bisa ketik Snipping Tool di kolom pencarian. Pada aplikasi Snipping Tool untuk mau mengambil screenshot pilih NEW maka proses dapat dilakukan. Kamu bisa memilih sendiri bagian apa saja yang mau di screenshot, jadi tidak hanya satu layar semua yang ditangkap. Hasil tangkapan tidak langsung disimpan, tetapi ditampilkan dulu untuk hasilnya untuk menentukan apakah ada bagian yang mau di highlight. Jika menurut kamu tidak ada masalah hasil tersebut bisa di Save atau disalin ditempat lain.

$ads={2}

Penutup

Itulah cara screenshot di laptop windows tanpa aplikasi tambahan, sebenarnya masih ada lagi yang menggunakan tombol kombinasi seperti Alt + Prtsc namun cara kerjanya sama saja seperti cara-cara yang sudah disebutkan diatas.Sekian semoga bermanfaat dengan begitu kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi screenshot tambahan dan juga bisa menghemat penyimpananmu.

Pertanyaan Terkait :

screenshoot laptop, cara screenshot laptop, cara screenshot laptop asus, cara screenshot laptop hp, cara screenshot laptop lenovo, cara screenshot laptop acer, screenshot windows 7, screenshot laptop windows 10, screenshot laptop windows 11, bagaimana cara screenshot di laptop, bagaimana cara screenshot laptop, cara screenshot bagian tertentu di laptop, bagaimana screenshot di laptop, how to screenshot laptop screen screenshot laptop caranya, screenshot laptop full, cara screenshot gambar di laptop, cara screenshot laptop langsung jadi gambar, screenshot laptop microsoft, cara melakukan screenshot di laptop.

Previous Post Next Post

Contact Form

close