Cara Menginstall XAMPP Di Windows

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

XAMPP merupakan aplikasi yang sangat peruntukkan bagi web developer yang dikembangkan oleh Apache Friends. XAMPP yang ringan dan sangat berguna untuk membuat web server lokal sebelum dipindahkan ke web server hosting, memiliki komponen paketan. Karena didalam paketan tersebut sudah memiliki Apache, MySQL, PHP, Perl, phpMyAdmin, FileZilla FTP Server, Tomcat. 

$ads={1}

Jadi, kamu tidak perlu lagi mendownloadnya satu persatu secara terpisah dan hanya dari aplikasi XAMPP inilah kamu bisa mendapatkan semuanya. Namun untuk memakai aplikasi XAMPP kamu harus menginstalnya terlebih dahulu kedalam komputer atau laptop kamu terkhususnya yang bersistem operasi windows.

{getToc} $title={Table of Contents}

Berikut langkah langkahnya menginstal XAMPP di Windows.

1. Download XAMPP dari Situs Resmi

Siapkan file xampp dengan mendownload XAMPP versi terbaru di website Apache Friends. Pilih yang XAMPP for Windows karena kita menginstalnya di sistem operasi windows.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

2. Buka dan Instal XAMPP

Jika sudah mendownload, buka file XAMPP, terkadang apabila muncul pesan error yang berhubungan dengan User Account Control (UAC) abaikan saja dengan pilih OK. Lalu akan masuk ke tampilan Setup – XAMPP, pilih Next.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

3. Pilih Komponen XAMPP

Akan muncul mengenai pemilihan komponen dari XAMPP  yang ingin diinstal. Bagi kalian yang  memakainya untuk menjalankan website pilih atau centang saja Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin yang lainnya di biarkan saja. Jika kalian membutuhkan semua, centang semua komponen yang akan diinstal. Kemudian pilih Next.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

4. Tempatkan File XAMPP dipasang

Pada jendela Installation folder, diminta untuk dimana letak folder untuk menginstall Xampp, pada tutorial ini, mengikuti tempat defaultnya. Jika tidak ada perubahan pilih Next.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

5. Atur Bahasa Default XAMPP

Nanti akan muncul jendela Installer Language karena untuk memilih bahasa sistem yang digunakan, Pilih bahasa defaultnya saja yaitu bahasa inggris lalu pilih OK.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

6. Hilangkan Centang "Learn more about Bitnami for XAMPP

Akan ada Bitnami for XAMPP, untuk digunakan untuk menginstal seperti Wordpress, Drupal, dan Joomla secara otomatis. Namun kita akan menginstal secara manual, maka dari itu hapus centang pada Learn more abaout Bitnami for XAMPP. Kemudian pilih Next.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

7. Proses Penginstalan XAMPP Dimulai

Proses penginstalan akan dimulai, pilih Next. Tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

8. Buka XAMPP Untuk Menjalankannya

Proses menginstal XAMPP telah selesai dengan muncul jendela Completing the XAMPP Setup Wizard. Disini sistem akan menanyakan apakah ingin menjalankan langsung atau nanti. Karena kita akan mencobanya biarkan saja pada pilihan Do You want to start the Control Panel now? tercentang lalu pilih Finish. Karena proses instal XAMPP sudah selesai, oleh karena itu aku akan menjelaskan penggunaannya di luar langkah langkah.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

Untuk memastikan apakah sudah terinstal dengan baik, buka program XAMMP-nya. Pada langkah terakhir atau kedelapan, jika membiarkan pada pilihan Do You want to start the Control Panel now? tercentang. Maka secara otomatis program XAMPP Control Panel akan terbuka. Namun bagi yang tidak mencentangnya kamu bisa membukanya dengan mencari XAMMP Control Panel di tombol START lalu ketik nama programnya.

$ads={2}

Pada tampilan dari program XAMPP kita akan mengujinya dengan pilih start pada modul Apache dan MySQL. Apabila tidak ada masalah, maka warna pada modul Apache dan MySQL menjadi warna hijau.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

Kemudian, buka aplikasi browser dan ketik localhost pada addres bar lalu tekan enter. Maka akan tampil halaman dashboard dari XAMPP yang menunjukkan bahwa program berjalan dengan baik dan normal. XAMPP pun dapat digunakan untuk pengetesan web server lokal sebelum kamu menggunakan ke server hosting.

Cara Menginstall XAMPP Di Windows

Jika yang mengikuti artikel ini namun mempunyai versi yang berbeda. Kamu tidak perlu khawatir, karena tampilan instal akan sama seperti cara diatas untuk melihat semua versi XAMPP memakai link ini

Pertanyaan Terkait :

cara menginstall xampp di windows, cara menginstall xampp di windows 10, cara menginstall xampp di windows 7, cara menginstal xampp di windows 7 64 bit, cara instal xampp di windows 10 64 bit, cara install xampp di windows 10 64 bit, cara install xampp di windows 7 32 bit, cara install xampp di windows 8, cara menginstal xampp di windows 10, cara instal xampp di windows 7 32bit, cara install xampp di windows 32 bit, cara install xampp windows 7, cara menginstal xampp 32 bit, cara instal xampp 64 bit, instal xampp di windows, cara menginstal xampp di komputer

Previous Post Next Post

Contact Form

close